Langsung ke konten utama

Jangan anggap remeh mimisan…!!

hai-hai..!! apa kabar?? jumpa lagi di ecekeduth.co.nr di sini saya mungkin cuma share aja, tentang sesuatu,, aktilkl ini di ambil dari web tetangga sebelah… oke langsung aja cekidot..!!!!Mungkin tanpa kita sadari di saat sedang tidur hidung kita mengeluarkan darah dan meninggalkan bercak - bercak darah di bantal.
Atau di saat sedang melakukan aktivitas olahraga dan setelah membersihkan hidung dengan jemari.
Cermati dan jangan anggap remeh hal tersebut apalagi bila mimisan itu sering terjadi dalam sehari.
Mimisan atau epistaksis memang bukan penyakit tetapi merupakan indikasi adanya suatu gangguan pada tubuh. Mimisan dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu mimisan ringan dan mimisan berat.
1. Mimisan Ringan..
Mimisan ringan bersumber dari bagian anterior atau dari bagian depan rongga hidung saja. Pasalnya di bagian itulah banyak pembuluh darah bertemu.
Pada umumnya ini terjadi pada anak yang sering mengalami pilek dan pembuluh darahnya tipis, kekurangan vitamin C dn kalsium, meghadapi perubahan cuaca, teriritasi gas yang merangsang, atau kemasukan benda - benda asing yang dapat menimbulkan luka dan berbau.
2. Mimisan Berat..
Yang harus lebih diwaspadai kalau sumber berasal dari dalam atau posterior karena bisa jadi merupakan indikasi suatu penyakit serius seperti demam berdarah, tekanan darah tinggi, tumor ganas pada rongga hidung atau nasofaring, kanker darah (leukemia), atau kelainan darah hemofilia (tidak memiliki zat pembeku faktor VIII) penyakit kardiovaskuler dan lainnya.
Pada umumnya kejadian perdarahan posterior lebih sering (setiap 1 - 2 hari) dengan perdarahan lebih banyak sehingga lebih sulit diatasi.
Perdarahan posterior kebanyakan terjadi pada para orang dewasa walaupun tidak menutup kemungkinan anak-anak juga bisa mengalaminya, khususnya kalau terjadi infeksi, demam berdarah, atau leukemia.
“Kalau darah keluar sampai berhari-hari sebanyak sekitar 1 - 2 lt, harus segera diatasi, jangan sampai terjadi kekurangan darah (anemia) atau yang lebih parah terjadi shock (turunnya tekanan darah secara mendadak yang diikuti pingsan).”
Langkah - langkah penanganan mimisan dibagi berdasarkan penderita…
• Anak - anak, jangan panik, anak didudukkan dengan tegak, kepala diarahkan ke depan (jangan menunduk), pegang hidung anak dengan tissue atau kain bersih, jangan baringkan anak (karena akan mengakibatkan darah masuk kembali ke dalam kerongkongan bisa menyebabkan muntah), biarkan anak beristirahat.
• Penderita dengan kelainan tekanan darah, belum berarti ini menandakan gejala stroke, karena perdarahan bukan berasal dari rongga otak.
Hanya saja epistaksis karena tekanan darah tinggi pada umumnya hebat, sering kambuh dan tidak terduga terjadinya. Biasanya pada penderita tekanan darah tinggi perdarahan pada hidung berindikasi bahwa tekanannya sedang tinggi atau naik dan tentunya ia harus waspada.
• Penderita yang terinfeksi penyakit hidung seperti sinus paranasal (rinitis atau sinusitis) bahkan yang lebih parah adalah infeksi karena penyakit lupus, sifilis, dan lepra.
Tentu saja yang terparah kalau terjadi suatu keganasan pada rongga hidung atau nasofaring. Pengobatan di sini tidak bisa dengan pembedahan melainkan hanya dengan penyinaran dan kemoterapi.
• Wanita hamil ada kalanya juga bisa mengalami epistaksis karena gangguan hormonal. Namun, sepanjang hanya pada batas normal, tidak perlu dikhawatirkan.
Walau demikian, kalau perdarahan hidung sudah pada taraf serius, memang harus segera diatasi agar tidak mempengaruhi perkembangan sang janin.
Tanda-tanda mimisan yang gawat darurat dan harus segera ditangani oleh dokter di antaranya bila mimisan disertai dengan kantuk dan kondisi sangat lemah dan mimisan yang terjadi akibat jatuh atau terkena benturan di kepala.
Cara Pencegahan Mimisan
- Usahakan supaya minum air putih lebih banyak dan istirahat yang cukup.
- Pemasangan tampon posterior dengan cara yang lebih rumit karena tampon harus dimasukkan ke dalam hidung.
- Pemberian obat hemostatik (pembeku darah), setelah darah berhasil dihentikan, barulah diteliti lebih lanjut penyebabnya. Pemeriksaan tidak bisa hanya berdasarkan darah yang keluar saja.
Selain menghentikan mimisan dengan cara medis juga dapat dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan menyumbatkan potongan daun sirih kedalam hidung.
Perlu diingat bahwa penyakit yang serius dapat menimpa kita karena kita terkadang suka meremehkan hal-hal yang kecil tanpa kita sadari.
Sumber :
www.untukku.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Twitter lo di verified?

jaman sekarang nih, pasti lo semua pada punya akun twitter kan? rata-rata pasti pada punya..
ddaan akun twitter di indonesia yang benar-benar di verified asli sama twitter udah lumayan banyak kayak @agnezmo, @gitagut, @vidialdiano dan @masemond. @masemond?? iya! gak percaya?? NIHH!


akun gue @masemond di verified pada mau kayaknya nih twitternya di verified kayak gue, hahahaha..!! mau banget apa mau ajah nih ?

posting dulu aja intinya

haii!! halloo para reader! gue akhirnya balik lagi ke blog gue, setelah bertahun-tahun gue bersemedi di goa yang ada di zimbabuwe.
buat update postingan pertama gue pengen review tentang phonegadget, dari yang basic phone sampe smartphone. postingan review phone gadget ini insya allah gue update tiap 2 minggu atau seminggu sekali deh, biar ada tanggung jawab sama blog gue ini walaupun bahan reviewnya boleh cari dari eyang kakung google aja. kalo harus beli hp dulu buat review bisa makan indomi tiap hari gue, ya mudah-mudahan aja ada sponsor yang mau ngasih hape buat di review.hihihihhii
oke segitu dulu yahh,

Amazing Dieng

“Mon akhir maret, ikut jalan ke dieng yuk!” bbm yang gue terima di sore hari dari sepupu gue yang bikin gue bingung yang pada saat itu status gue sebagai pengangguran aktif dan jomblo hopeless. yang secara sepupu gue yang gawul abis, yang biasanya ngajak jalan ke mall, maen gundu, maen layangan, maen bekel, ngajak jalan-jalan jauh ke dieng pula.
Tanpa ba.bi.bu lagi gue langsung jawab bbmnya..
“dieng?? Boleh tuh?? akhir maret tanggal berapa?? Naek apaan?? Sama siapa?? “
Doi jawab, “ tanggal 28 malem berangkat, naek bis kita, gue ama pasangan, tenang aja rame2 kok 11 orangan yang ikut, kalo mau ikut kumpul di CFK jam 7 malem yaaa”
“widih banyak bener, yaudah deh sipp, jam 7 di CFK yee”
Gue jawab begitu tanpa mikir gue ke dieng ada duitnya apa gak?, langsung kepikiran ambil dompet langsung liat isinya ada kehidupan apa gak di dompet, ternyata ada kehidupan di dompet gue, walaupun cuma tinggal 2 lembar 2 ribuan. Disitu gue berpikir keras, gimana caranya supaya gue ada dana buat jalan-ja…